Menu

Aksi Lingkungan, PT PDC tanam Ratusan Bambu di Bantaran Citarum

KARAWANG, Sekitar 400 bibit bambu ditanam di Kelurahan Tanjungmekar, Kecamatan Karawang Barat, Jumat (28/8). Penanaman dilakukan sepanjang daerah aliran sungai (DAS) Citarum Sektor 19 yang merupakan salah satu daerah rawan banjir. ”25 Februari kemarin, kalau saya duduk disini tuh kelelep, sampai hampir mau naik ke jalanan, pepohonan sudah mau habis,” ungkap Lurah Tanjungmekar Ahmad Ridwan di Taman Edukasi Satgas Citarum Sektor 19.

Budhi Kristianto menyampaikan bahwa penanaman bambu sebagai penyeimbang sirkulasi polusi udara

Ridwan mengpresiasi PT Patra Drilling Contractor (Pertamina PDC) yang berinisiatif menyumbangkan bibit bambu. Menurutnya, selain menjadi pembeda dengan tanaman yang sudah ada sebelumnya, bambu juga disebutnya cukup efektif mencegah banjir. Ia berharap dengan adanya bantuan bambu tersebut kedepannya bisa dikembangkan lagi. Rencananya sebagian bibit akan dibudidayakan terlebih dahulu agar lebih banyak sebelum nantinya ditanam.

Corporate Secretary PT PDC, Budhi Kristianto menyampaikan, penanaman bambu ini berangkat dari fakta bahwa Jakarta menjadi kota kedua di dunia sebagai polusi udara terbesar. Polusi dari kendaraan nampaknya menjadi penyumbang utama polusi, tak terkecuali kendaraan yang digunakan ribuan pekerja PT PDC. Menyadari hal ini, penanaman bambu dilakukan sebagai bentuk pertanggungjawaban terhadap lingkungan. ”PDC telah melakukan perhitungan polutan yang dihasilkan pekerja dan kemudian dikonversikan ke dalam bentuk aksi penanaman pohon bambu sepanjang 2 kilometer di Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum,” ungkapnya.

Menurut Budhi, dipilihnya tanaman bambu karena daya serap karbon dioksida yang tergolong besar. Hal tersebut karena bambu memiliki kemampuan fotosintesis efisien, yaitu menyerap kembali sebagian karbon dioksida yang dihasilkan.

Share this Post!

About the Author : SUN

SUN

0 Comment

Leave a Comment

Your email address will not be published.

  TOP