Menu

6 Kriteria CSR dalam Meningkatan Efisiensi Bisnis

Dalam beberapa kasus perusahaan perlu adanya keyakinan untuk menerapkan tipe CSR yang diusulkan oleh Young dan Tilley (2006). Enam kriteria keberlanjutan perusahaan yang diterapkan bukan hanya berkontribusi pada tanggung jawab sosial bisnis, tetapi juga meningkatkan efisiensi bisnis. Jika disajikan dengan cara yang meyakinkan maka akan sukses. Hal ini dikarenakan peningkatan efisiensi mengarah pada penghematan biaya yang lebih besar serta peningkatan keuntungan perusahaan. Enam kriteria yang dibahas oleh Young dan Tilley adalah

 

1. Eco-efficiency
Merupakan manajemen stategi dengan cara memberikan program dan pelayanan dengan menggunakan sumberdaya secara optimal namun minim sampah dan polusi (Glavic et al 2012).
2. Socio-efficiency
Merupakan hubungan antara nilai tambah perusahaan dan dampak sosialnya.
3. Eco-effectiveness
Merupakan suatu konsep produksi dan konsumsi barang dengan menggunakan sifat-sifat lingkungan, sosial, dan ekonomi yang bermanfaat.
4. Socio-effectiveness
Mengacu pada penilaian kinerja sosial mutlak perusahaan dan mencakup pertanyaan seperti apakah produk perusahaan dapat diakses dan dengan demikian menguntungkan semua atau terbatas dalam ketersediaan dan hanya menguntungkan segelintir elit
5. Kecukupan ekologis
Mengacu pada ketersediaan sumberdaya baik itu alam maupun manusia yang mencukupi.
6. Kesadaran ekologis
Lahirnya kesadaran baru bahwa lingkungan hidup penting untuk kehidupan manusia sampai pada adanya perubahan positif yang signifikan dalam memandang dan memperlakukan alam semesta.

Baca juga: CSR di Indonesia saat ini

Secara keseluruhan, keenam kriteria ini membentuk model terpadu yang dapat diikuti oleh perusahaan untuk praktik bisnis yang berkelanjutan dan menuai keuntungan serta sadar dalam praktik bisnisnya. Program CSR sendiri dapat dilakukan dalam berbagai bentuk dan tujuan, tidak hanya dalam kegiatan social saja karena cakupannya luas dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari- hari. Meskipun terkesan berat dan membutuhkan banyak dana anggaran, tetapi setiap perusahaan telah memiliki dana khusus dan pemerintah juga telah mengelurakan undang- undang menyangkut CSR. Intinya adalah CSR harus memberikan manfaat sebanyak-banyaknya dengan jangkauan seluas-luasnya serta berkelanjutan dan memiliki investasi yang bertanggung jawab. (hmd)

https://managementstudyguide.com/csr-leads-to-increased-business-efficiency.htm

Share this Post!

About the Author : SUN


0 Comment

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Related post

  TOP
Open chat