Menu

Apresiasi Inovator Muda Indonesia 2020

Angka kecelakaan berkendara telah mengalami peningkatan dari 103.672 kecelakaan pada tahun 2018 menjadi 107.500 kecelakaan pada tahun 2019. Hasil dari data kecelakaan tersebut dinyatakan bahwa 61% dikarenakan faktor manusia. Maka PT Senyum Untuk Negeri bekerjasama dengan Jasa Raharja mencari solusi bersama dalam mengurangi angka kecelakaan pada lalu lintas tersebut.

Youth Innovation Contest merupakan ajang apresiasi kepada para inovator muda yang mendedikasikan dirinya untuk berkarya dalam mengurangi angka kecelakaan. Direktur Manajemen Risiko dan Teknologi Informasi PT. Jasa raharja,  M. Wahyu Wibowo menyebutkan bahwa harapan kedepan adanya apresiasi ini dapat memberikan inspirasi bagi innovator-inovator muda lain untuk terus berkarya membangun Indonesia lebih baik.

Sebanyak 26 inovator muda terbaik yang terdiri dari kalangan pelajar, mahasiswa dan umum telah terpilih pada seleksi tahap 1. Tahap akhir seleksi terpilihlah 5 besar yang melaju ke tahap Grand Final (23/12/20). Grand Final ini dihadiri direksi PT Jasa Raharja yang di wakili oleh Bapak M. Wahyu Wibowo beserta jajarannya. Berikut ini daftar para juara Youth Innovation Contest berdasarkan kategorinya.

Adapaun kategori pelajar yakni:

  • Juara Pertama: Muchammad Farchan (SMKN 1 Purworejo) dengan karya inovasi “Smart Motorcycle Riding Safety System
  • Juara Kedua: Athaya Abirama Sugiharto (SMK Mitra Industri MM2100) dengan karya inovasi “Electronic Safety System (ESS)
  • Juara Ketiga: David Setiawan (SMKN 1 Purworejo) dengan karya inovasi “Warning Malfunction Brake System
  • Juara Harapan I   : Nashru Syafi Anjana, dkk (MAN 1 Kudus) dengan karya inovasi “Jaket Pendeteksi Kantuk pada Driver
  • Juara Harapan II  : Muhammad Bahrul Alam, dkk (MAN 1 Kudus dengan karya inovasi) “Helm Pencegah Dan Pendeteksi Dini Kecelakaan Lalu Lintas Berbasis Arduino

Kategori Umum & mahasiswa:

  • Juara Pertama: Dr. Dody Qori Utama S.T., M.T. (Telkom University) dengan karya inovasi ”BrainStatus (Brainstat)”
  • Juara Kedua: Heru Raharjo dengan karya inovasi “Safety Riding Kit S2-HK”
  • Juara Ketiga: Muhammad Adib Alfathin (Universitas Negeri Semarang) dengan karya inovasi “GTA (Good Traffic Attitude” Edukasi Lalu Lintas Berbasis Aplikasi
  • Juara Harapan I: Ivan Azwar Septiadi, dkk (PPNS) dengan karya inovasi “WATCH-ME
  • Juara Harapan II  : Daniyah dengan karya inovasi “Therec Sis Smongco”

Kami ucapkan selamat kepada para pemenang semoga dapat terus memberikan inspirasi dan kontribusi bagi masyarakat di negeri ini, salam Senyum untuk Negeri. (ghn)

Share this Post!

About the Author : SUN


0 Comment

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Related post

  TOP
Open chat