Menu

Creating Shared Value (CSV) – Cara Baru Berbisnis?

Menciptakan nilai bersama (CSV) adalah tentang menciptakan kebijakan dan prosedur operasi baru yang memungkinkan perusahaan memaksimalkan pendapatannya, serta memberikan manfaat terhadap komunitas lokal. Hal tersebut dirancang dalam sebuah artikel yang pertama kali diterbitkan di Harvard Business Review oleh Profesor Michael Porter dan Mark Kramer pada tahun 2011. Misalnya, sebuah perusahaan yang menyaring bahan kimia dari danau untuk digunakan dan dijual kembali sehingga menguntungkan masyarakat dengan membersihkan lingkungan dan perusahaan dapat menghasilkan uang. Intinya, ini adalah strategi manajemen yang dirancang untuk meningkatkan nilai bisnis dengan mengubah isu sosial dan lingkungan sesuai dengan bisnis proses perusahaan.

Mengapa bisnis di Inggris harus peduli dengan CSV? Saat kita memasuki usia sadar lingkungan dan mulai mengenali efek jam kerja yang panjang dan kebijakan perusahaan terhadap kehidupan keluarga, kita menjadi lebih sadar bagaimana faktor-faktor ini saling terkait. Dengan mengadopsi strategi CSV, bisnis dapat memperkuat ekonomi lokal, membantu menciptakan kumpulan pekerja potensial yang lebih termotivasi dan terdidik, serta meningkatkan profil publik mereka.

Menciptakan nilai bersama (CSV) merupakan konsep yang relatif baru dan tidak sama dengan tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) – meskipun keduanya sering menjadi ambiguitas. Perbedaan besar bahwa CSV adalah tentang memaksimalkan keuntungan dan tetap menempatkan peluang bisnis dan pertumbuhan dengan mengedepankan image perusahaan, sedangkan tanggung jawab perusahaan  (CSR) adalah hanya melihat dampak bisnis pada masyarakat dan lingkungan setempat.

Cara Menciptakan Nilai Bersama (Creating Shared Value)
Menurut Porter dan Kramer, ada 3 cara agar bisnis dapat menciptakan nilai bersama, yaitu

  • Kesesuaian produk dengan pasar – mengembangkan produk dan layanan menguntungkan yang memenuhi kebutuhan konsumen dengan memperhatikan masalah sosial dan mengurangi dampak lingkungan, serta dapat meningkatkan komunitas lokal yang ada.
  • Mendefinisikan ulang produktivitas dalam rantai nilai – mengidentifikasi produk dalam upaya mengatasi masalah sosial dan lingkungan yang terkait dengan industri. Cara yang digunakan yakni meningkatkan produktivitas, pendapatan perusahaan, dan kapasitas operasional pemasok.
  • Berbagi pengetahuan dan dukungan – membantu pesaing lokal di sektor perusahaan yang mampu menciptakan nilai bersama dengan mendiskusikan bagaimana strategi manajemen yang berbeda telah menguntungkan perusahaan Anda dan masyarakat.

 

Keunggulan CSV
Manfaat dari menciptakan nilai bersama bagi masyarakat dan lingkungan yang lebih luas sudah jelas, tetapi apa saja manfaat sekundernya bagi perusahaan selain peningkatan keuntungan?

  • Bisnis Anda menjadi pemasaran Anda – konsumen segera memahami bagaimana layanan atau produk perusahaan bermanfaat bagi masyarakat. Menjadi jelas bagi konsumen bagaimana perusahaan dapat membantu mereka dan menyelesaikan masalah di kehidupan mereka.
  • Melampaui isyarat – seringkali tindakan yang dibuat oleh pengambil kebijakan tanggung jawab sosial perusahaan dianggap sebagai aksi publisitas untuk mendapatkan perhatian. Menciptakan nilai bersama dapat menghubungkan penyampaian layanan dan produk dengan manfaat yang jelas. Hal ini merupakan PR bagi perusahaan.
  • Bukan hanya donasi – daripada hanya mengadopsi proses dan praktik yang mungkin bertentangan dengan kehidupan yang baik dan kemudian mendistribusikan kembali keuntungannya untuk amal, bisnis menjadi ujung tombak perubahan di komunitas lokal yang ada. Dan ketika orang-orang melihat perubahan yang terjadi, mereka cenderung menjadi pendukung yang bersemangat.

 

Sumber: https://www.british-assessment.co.uk/insights/spotlight-introducing-concept-creating-shared-value/

Share this Post!

About the Author : SUN


0 Comment

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Related post

  TOP
Open chat