Menu

Konservasi Bambu – Konservasi Pohon Bambu di DAS Citarum, Karawang

Program : Konservasi Bambu – Konservasi Pohon Bambu di DAS Citarum, Karawang

Latar belakang program :

Sungai Citarum sebagai salah satu potensi air terbesar di Jawa Barat menyimpan potensi yang besar bagi masyarakat, baik potensi menguntungkan maupun potensi merugikan. Sayangnya, masyarakat dan pemerintah cenderung terlena oleh potensi menguntungkan dari sungai Citarum, dan tanpa disadari memperbesar potensi kerugian dari sungai
tersebut. Berkurangnya daerah konservasi lahan, padatnya permukiman penduduk, pencemaran sungai oleh limbah domestik dan industri, dan lainnya menyebabkan bencana seperti banjir, kekeringan, dan longsor.

Hal tersebut merupakan permasalahan yang harus diselesaikan bersamasama antara pemerintah dan masyarakat.

Tahapan pelaksanaan program :

  • Tahapan persiapan
  • Implementasi program
  • Monev & report

Output :

pohon bambu yang ditanam pada area bantaran sungai ini selain mampu menyerap karbon dioksida juga berfungsi dalam penguatan tanah sehingga dapat mencegah terjadinya longsor. Selain itu juga mampu menjaga dan memelihara keseimbangan lingkungan di DAS Citarum.

Dengan bertambahnya jumlah pohon tentu akan menambah jumlah oksigen dalam rangka mengurangi polusi yang ada dan hal ini tentu sangat penting bagi keberlangsungan hidup manusia, dan juga ekosistem yang ada terutama di masa sekarang dimana pemanasan global juga telah menjadi isu dunia.

Share this Post!

About the Author : SUN


0 Comment

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Related post

  TOP
Open chat