Menu

PT Jasa Raharja tanam ribuan bambu di bantaran Sungai Citarum

PT Jasa Raharja tanam ribuan pohon bambu untuk mengurangi polusi lingkungan yang diakibatkan oleh padatnya aktivitas kendaraan di Jawa Barat dan sekitarnya. Kepala PKBL PT Jasa Raharja, Hermanus H mengatakan, sumbangan pohon bambu yang ditanam di sepanjang 7 KM DAS Citarum ini untuk membantu mengurangi polusi dan juga mengalihkan fungsi aliran sungai citarum sebagai sumber kehidupan masyarakat sekitar serta sebagai penyerap air dan menahan abrasi atau erosi di kemudian hari (10/10/2020).

Pihaknya mengaku pohon bambu yang disumbangkan tersebut sebanyak 1.200 pohon. “Dipilihnya tanaman bambu adalah karena vegetasi bambu memiliki daya serap karbon dioksida tergolong paling besar, karena bambu memiliki kemampuan fotosintesis yang sangat tinggi. Kami berharap pohon bambu yang sudah ditanam ini dijaga oleh masyarakat, karena tanaman bambu ini manfaatnya cukup banyak,” paparnya.

Hermanus meminta agar masyarakat ataupun pelaku industri untuk menjaga kelestarian DAS Citarum. Bahkan terlebih lagi untuk pelaku industri agar mengelola limbah dengan baik sehingga tidak mencemari air Citarum ini yang menjadi salah satu sumber kebutuhan masyarakat sepanjang aliran sungai Citarum. Komandan Kompi Sektor 19 Supriyanto mengatakan bahwa mengembalikan fungsi kondisi sungai Citarum bukan hanya tanggung jawab pemerintah dan aparat saja tetapi juga seluruh golongan masyarakat. “Kerjasama seperti yang dijalin bersama PT Jasa Raharja ini merupakan hal yang sangat baik guna pelestarian lingkungan. Saya berharap agar program pelestarian seperti ini dapat terus berjalan dan bisa memotivasi masyarakat untuk lebih peduli lagi kepada lingkungan,” pungkasnya. (hmd)

Share this Post!

About the Author : SUN


0 Comment

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Related post

  TOP
Open chat