Menu

Guna tingkatkan taraf ekonomi, SUN bersama Jasa Raharja Luncurkan Program Pengembangan Pengrajin, BumDes, & UMKM.

Bersama dengan Senyum Untuk Negeri dan Pemerintah Desa Sendangagung, Program ini dirancang untuk meningkatkan taraf ekonomi dan kesejahteraan melalui UMKM dan lembaga BumDes di lingkungan desa.

Yogyakarta, 14-16 Juni 2021  Senyum Untuk Negeri bersama Jasa Raharja dan pemerintah Desa Sendangagung meluncurkan program pengembangan dan penguatan kelembagaan dan usaha bagi pelaku UMKM, Pengrajin bambu dan pengurus BumDes di Desa Sendangagung, Sleman-Yogyakarta. Kegiatan ini dilakukan selama 3 hari yaitu pada hari senin sampai dengan rabu pada tanggal 14 sampai dengan 16 Juni 2021 dan kegiatan ini dilakukan secara paralel.

Acara ini juga diselenggarakan atas Kerjasama dengan Senyum Untuk Negeri. Perwakilan dari Senyum Untuk Negeri Bapak Muhamad Saefrudin, menyampaikan pelatihan ini merupakan hasil rekomendasi yang dihasilkan dari social mapping yang telah dilakukan sebelumnya oleh Jasa Raharja dan  program ini menuju goal achieve tehadap S-348 dan SDGs Point 4, 5, 8, 11, 13, dan 17. Program ini terdiri dari penguatan kelembagaan BumDes dan UMKM di Desa, pemasaran menggunakan Digital Marketing dan pengembangan kemampuan untuk para pengrajin bambu.

Pelaksanaan program ini dihadiri oleh 80 peserta setiap harinya yang terdiri dari 25 peserta dari unsur pengurus BumDes, 30 peserta dari unsur pelaku UMKM dan 25 peserta dari unsur para pengrajin Bambu di wilayah Desa Sendangagung. Pelaksanaan program ini dimulai pukul 08.00 wib sampai dengan sore hari.

Selama kegiatan para peserta sangat antusias dalam mendengarkan materi dari para trainer professional yang meberikan materi secara mendasar sampai dengan mensimulasikan materi tersebut, hingga mempersiapkan para peserta untuk menghadapi Era Revolusi Industri 4.0 menuju Era revolusi Industri 5.0.

Dalam acara pembukaan dihadiri oleh Kepala Desa Sendangagung, yaitu Bapak Raden Heru Prasetya Wibowo. Beliau mengucapkan terimakasih kepada Jasa Raharja yang telah melaksanakan program ini untuk kesejahteraan masyarakat di Desa Sendangagung, dan berharap program ini terus berlanjut sehingga dapat melahirkan para UMKM dan pengrajin yang mandiri dan menaikan profit ekonomi masyarakat dibawah lembaga BumDes Desa Sendangagung.

Pada acara tersebut juga dibuka oleh Ibu Bapak Joko Sulityo selaku kepala Sub PKBL PT. Jasa Raharja Cabang DIY dan Neil Amelina selaku perwakilan dari Jasa Raharja pusat, dalam pembukaan tersebut disampaikan bahwa pelatihan ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh masyarakat di Desa Sendangagung sehingga dalam pelatihan ini dapat meningkatkan perekonomian dari anggota UMKM Desa dan para pengrajin bambu, serta meningkatkan kesejahteraan untuk masyarakat Desa Sendangagung.

Share this Post!

About the Author : SUN


0 Comment

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Related post

  TOP
Open chat