Menu

Why CSR is Essential in 2021

Why CSR is Essential in 2021

Lanskap konsumen adalah lingkungan yang dinamis. Perilaku konsumen terus berubah, dan nilai-nilai yang dipegang pelanggan terus berkembang. Karena itu, merek selalu perlu menjaga satu telinga secara permanen untuk memahami bagaimana kebiasaan berubah. Salah satu tren terbesar dalam beberapa tahun terakhir adalah fokus yang berkembang pada tanggung jawab sosial perusahaan (CSR). Dari menerbitkan kebijakan lingkungan hingga menerapkan inisiatif pemberdayaan perempuan, perusahaan menghabiskan lebih banyak waktu dan energi daripada sebelumnya untuk memposisikan diri mereka sebagai perusahaan yang etis dan berkelanjutan.

 

Apa yang mendorong CSR?

Dunia modern berubah dengan cepat. Era digital mendemokratisasi informasi, dan konsumen mulai dibangunkan. Dalam beberapa tahun terakhir kita telah melihat bagaimana pergerakan di media sosial dapat mempengaruhi industri bernilai miliaran dolar seperti Hollywood (#metoo) dan bahkan menggulingkan pemerintah (The Arab Spring). Hak asasi manusia, lingkungan alam, dan keadilan sosial adalah masalah sosial yang menonjol, dan ini mengubah cara orang berpikir dan berbelanja. 94% Gen-Z sekarang berpikir bahwa perusahaan harus mengatasi masalah sosial dan lingkungan yang mendesak, dan 55% konsumen bersedia membayar ekstra untuk produk dan layanan yang berkontribusi pada perubahan positif. Ini berarti sangat penting bagi perusahaan untuk bekerja menuju atau, paling tidak, tampaknya bekerja menuju model bisnis yang lebih bertanggung jawab secara sosial, baik untuk memproyeksikan citra yang lebih menarik kepada pelanggan potensial dan melindungi keuntungan mereka.

 

Pendekatan CSR

Ada beberapa jalur menuju CSR. Pendekatan yang populer adalah filantropi, yang melibatkan sumbangan uang atau bantuan kepada badan amal lokal atau internasional. Banyak perusahaan suka menggunakan pendekatan ini karena cepat. Namun, itu tidak menawarkan banyak bisnis sebagai imbalannya. Cara yang lebih produktif untuk menginvestasikan uang adalah pengembangan berbasis komunitas. Metode ini sebenarnya menguntungkan perusahaan dan bekerja dengan membantu masyarakat setempat untuk meningkatkan keterampilan, memungkinkan perusahaan untuk meningkatkan citra publiknya dan mengembangkan keterampilan calon karyawan. Perusahaan lain memasukkan CSR langsung ke dalam strategi perusahaan mereka. Ini adalah pilihan populer dengan beberapa merek terbesar di dunia. Coca-Cola telah berinvestasi dalam bahan bakar alternatif untuk mengurangi emisi karbonnya sebesar 25% pada tahun 2020, dan Google telah meningkatkan biaya listrik di pusat datanya untuk meningkatkan efisiensi dan mengurangi penggunaan energi.

 

Manfaat CSR

Trust
Menanamkan kepercayaan pada pelanggan potensial mungkin merupakan manfaat terbesar dari CSR. 63% dari masyarakat akan memberikan bisnis yang bertanggung jawab secara sosial manfaat dari keraguan selama krisis. Dan memiliki pelanggan di pihak Anda adalah penting. Penelitian yang dilakukan di Universitas Boston menunjukkan bahwa perusahaan dengan CSR yang baik dapat mempengaruhi “reservoir of goodwill” yang mendorong pelanggan untuk meminimalkan informasi negatif yang mungkin mereka temui di sosial atau di media, menciptakan semacam polis asuransi reputasi yang melindungi perusahaan dalam kejadian sesuatu yang tidak beres.

Image Management
Sekarang ada lebih banyak cara bagi konsumen untuk mengetahui informasi tentang perusahaan Anda. Baik itu di Facebook atau Instagram atau Twitter, konsumen dapat melihat bagaimana Anda berkomunikasi dengan pelanggan, memahami apa yang dilakukan perusahaan Anda, dan mengevaluasi apakah mereka ingin membelanjakan uang mereka dengan Anda. Melihat bahwa merek Anda bekerja untuk melindungi lingkungan atau mendukung badan amal yang dekat dengan hati mereka dapat menjadi perbedaan antara melakukan konversi atau menyerahkan penjualan kepada pesaing Anda.

Increase Spending
76% konsumen mengatakan mereka tidak akan berbisnis dengan perusahaan yang memiliki pandangan atau mendukung masalah yang bertentangan dengan mereka. Ini berarti Anda dapat mendorong rasa loyalitas pelanggan yang kuat dengan bekerja sama dengan badan amal atau kelompok yang Anda kenal sebagai dukungan pelanggan Anda. Mengetahui sebagian dari keuntungan Anda digunakan untuk tujuan yang mereka dukung dapat mendorong pelanggan untuk menyelaraskan diri dengan bisnis Anda, memotivasi pengeluaran yang lebih besar, dan meningkatkan pengembalian bisnis.

Retaining Talent
Sama seperti CSR dapat memelihara loyalitas dari customer, itu juga dapat mempengaruhi bagaimana karyawan Anda berhubungan dengan bisnis Anda. Menerapkan kebijakan CSR yang kuat dapat menumbuhkan budaya yang lebih positif di tempat kerja yang menyatukan tim, meningkatkan tingkat retensi, dan menarik talenta terbaik ke perusahaan Anda.

 

Mengapa CSR penting di tahun 2021?
Lanskap konsumen berubah dengan cepat. Untuk mengikutinya, bisnis perlu mempersiapkan tren konsumen masa depan lebih awal dari sebelumnya. Dalam beberapa tahun terakhir, pergeseran menuju tanggung jawab sosial tidak luput dari perhatian, dan semakin banyak bisnis yang mencoba memanfaatkan ini dengan memperkenalkan inisiatif CSR dan lebih memfokuskan perhatian pada isu-isu terkait keberlanjutan. Untuk memastikan klien Anda dapat secara efektif merampingkan peningkatan jumlah titik kontak dalam perjalanan pelanggan modern, bisnis harus dapat mempromosikan strategi CSR yang kuat yang menarik pelanggan, menginspirasi kepercayaan, dan menghasilkan perubahan positif yang berarti.

 

Sumber: https://prowly.com/magazine/why-csr-is-essential-in-2021

Share this Post!

About the Author : SUN


0 Comment

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Related post

  TOP
Open chat