Menu

Creating Shared Value

Penting bagi perusahaan mengkonversi program dari CSR yang hanya dipandang sebagai center cost menjadi investasi cost, dan menginlinekan bisnis case dengan bisnis isu sehingga disebut Program Creating Shared Value (CSV).

Berdasarkan Peraturan Kementerian 05/MBU/04/2021 mewajibkan setiap implementasi program TJSL (Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan) harus memberikan impact kepada Perusahaan (Creating Shared Value). Nilai bersama bukanlah tanggung jawab sosial, filantropi, atau bahkan keberlanjutan, tetapi cara baru untuk mencapai kesuksesan ekonomi. Itu bukan pada margin dari apa yang dilakukan perusahaan tetapi di pusat. Kami percaya bahwa hal itu dapat memunculkan transformasi besar berikutnya dari pemikiran bisnis (Michael E. Porter & Mark R. Kramer).

Creating Shared Value (CSV) merupakan sebuah program mengidentifikasi sosial isu yang sesuai dengan business case suatu perusahaan. CSV merupakan pengembangan dari konsep Tanggung Jawab Sosial Perusahaan dari yang tradisional menuju kearah kekinian.

Tipe Creating Shared Value
A. CSV tipe 1. Menciptakan/Inovasi Produk dan Pasar Baru
Menciptakan produk dan layanan yang memberi manfaat bagi lingkungan alam, ekonomi & masyarakat.
Menciptakan produk dan layanan yang meningkatkan pertumbuhan pendapatan, pangsa pasar & profitabilitas.
B. CSV tipe 2. Mendefinisikan Ulang Produktivitas dalam Rantai Nilai
Berfokus pada perbaikan pada operasi internal (Efisiensi energi, kapital, SDM, semua resources).
Perbaikan lingkungan, pemanfaatan sumber daya yang lebih baik, investasi kepada karyawan, kemampuan pemasok & lainnya.
C. CSV tipe 3 Mengaktifkan Pengembangan Cluster Lokal (CID)
Meningkatkan lingkungan eksternal bagi perusahaan.
Investasi masyarakat & penguatan pemasok lokal, institusi lokal, dan infrastruktur lokal.
Meningkatkan produktivitas bisnis.

Our Experiences :

Output :

Our Activities :

  TOP
Open chat