Menu

SUN Hijaukan Pulau Tiban dengan Tanam Mangrove

Kawasan Pulau Tiban yang menjadi salah satu ikon wisata Kabupaten Kendal kondisinya kini semakin memprihatinkan akibat abrasi. Hal itu mendorong Senyum Untuk Negeri yang menggandeng PT. Jasa Raharja melakukan penghijauan dengan menanam 10.000 bibit tanaman mangrove di kawasan yang ada di Desa Kartikajaya, Kecamatan Patebon, Kendal, Jawa Tengah, Sabtu (7/11/2020).

Diawali dengan penanaman secara simbolis bersama (SUN, Jasa Raharja, Dinas Lingkungan Hidup Kendal, kepala desa, Pokdarwis dan warga setempat) menyusuri sungai untuk melihat Pulau Tiban yang kondisinya sudah hilang terendam air laut. Hempasan ombak akibat abrasi yang terjadi sejak tahun 2017 menyebabkan pohon-pohon cemara yang berada di Pulau Tiban tumbang tak bersisa, termasuk lapak-lapak pedagang dan fasilitas, seperti MCK pun hilang.

Bersama melakukan penanaman mangrove

Kepala Urusan PKBL PT Jasa Raharja, Hermanus H mengatakan, bahwa Jasa Raharja peduli lingkungan, karena akibat emisi gas yang ditimbulkan kendaraan bermotor menjadikan udara menjadi kotor. Untuk membersihkannya bisa dilakukan dengan melakukan penghijauan. “Tujuannya adalah untuk membuat melestarikan lingkungan alam”, tandasnya.

Maka dengan penghijauan pohon mangrove diharapkan mampu mencegah dan menahan gelombang abrasi. Harapannya agar Pulau Tiban tetap menjadi tempat wisata yang bisa diandalkan. “Dengan adanya tempat wisata, maka perekonomian masyarakat setempat bisa terangkat,” harapnya.

Melalui program yang bertemakan Thousand Mangroves for Kendal bertekad mengembalikan Pulau Tiban sebagai tempat wisata yang bisa diandalkan untuk mendongkrak sektor pariwisata Kabupaten Kendal, sehingga perekonomian masyarakat setempat bisa terangkat.
.
#senyumuntuknegeri #sun #jasaraharja #mangrove #penghijauan #hijau #pulautiban #kendal #jawatengah #wisata #kawasanwisatakendal

Share this Post!

About the Author : SUN

SUN

0 Comment

Leave a Comment

Your email address will not be published.

  TOP