Menu

The Truth About CSR

The Truth About CSR
oleh
V. Kasturi Rangan, Lisa Chase, and Sohel Karim

Terlepas dari cita-cita “nilai bersama” yang diterima secara luas, penelitian yang dipimpin oleh Kasturi Rangan dari Harvard Business School menunjukkan bahwa ini bukan norma—dan tidak masalah.  Sebagian besar perusahaan mempraktikkan versi CSR yang beragam yang mencakup ruang lingkup CSR, mulai dari filantropi murni hingga kelestarian lingkungan. Perusahaan harus memastikan bahwa inisiatif di berbagai ruang lingkup membentuk platform terpadu agar dampak yang dihasilkan optimal. Empat langkah yang dapat dilakukan, yakni:

  1. Memangkas dan menyelaraskan program di setiap ruang lingkup. Perusahaan harus memastikan program yang dijalankan sesuai dengan tujuan bersama. Hal ini dilakukan dengan cara mengurangi atau menghilangkan program yang tidak mengatasi masalah sosial atau lingkungan. Hal terpenting adalah sesuai dengan tujuan dan nilai bisnis perusahaan.
  2. Mengembangkan metrik untuk mengukur kinerja. Keberhasilan program tercapai sesuai dengan ruang lingkup yang berbeda-beda. Namun, hal ini harus dilakukan pengukuran yang sistematis.
  3. Mengkoordinasikan program di seluruh ruang lingkup. Ini tidak berarti bahwa semua inisiatif program harus mengatasi masalah yang sama. Setiap ruang lingkup yang berada di dalamnya saling memperkuat dan konsisten dengan tujuan dan nilai bisnis perusahaan.
  4. Mengembangkan strategi CSR interdisipliner. Tujuan yang mendasari inisiatif program di berbagai ruang lingkup dikelola tanpa menimbulkan hambatan utama bagi banyak perusahaan. Pengembangan strategi bisa dari atas ke bawah atau dari bawah ke atas, tetapi komunikasi yang berkelanjutan adalah kuncinya.

Sumber: https://hbr.org/2015/01/the-truth-about-csr

Share this Post!

About the Author : SUN


0 Comment

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Related post

  TOP
Open chat