Menu

3 Rahasia Program TJSL Perusahaan BUMN

3 Rahasia agar Program TJSL Perusahaan Achieve terhadap Permen no. 5 Tahun 2021

Sebagai bentuk komitmen perusahaan BUMN dalam menjalankan praktik usaha yang berkelanjutan serta pemenuhan terhadap Undang – Undang No. 19 tahun 2003 tentang Badan Usaha Milik Negara (BUMN) serta Peraturan Menteri BUMN No. PER-02/MBU/04/2020 yang berlaku saat ini dimana menyatakan maksud dan tujuan pendirian BUMN tidak hanya mengejar keuntungan melainkan turut aktif memberikan bimbingan dan bantuan kepada pengusaha golongan ekonomi lemah.

Program TJSL Pertamina – Women Entrepreneurship

PKBL merupakan program pembinaan Usaha Kecil dan Pemberdayaan Lingkungan oleh BUMN. Namun, berdasarkan Peraturan Menteri BUMN No. PER-05/MBU/04/2021 nama PKBL diubah menjadi TJSL (Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan). Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan BUMN, yang selanjutnya disebut Program TJSL BUMN, adalah kegiatan yang merupakan komitmen perusahaan terhadap pembangunan yang berkelanjutan dengan memberikan manfaat pada ekonomi, sosial, lingkungan serta hukum dan tata kelola dengan prinsip yang lebih terintegrasi, terarah, terukur dampaknya serta dapat dipertanggungjawabkan dan merupakan bagian dari pendekatan bisnis perusahaan.

 

Adapun program yang dijalankan perusahaan agar achieve terhadap permen BUMN nomor 5 tahun 2021 yakni,

  1. Program TJSL harus memberikan manfaat terhadap pembangunan ekonomi masyarakat dan sosial, lingkungan serta hukum dan tata kelola,
  2. Berkontribusi pada penciptaan nilai tambah dan nilai bersama (CSV) perusahaan yang terintegrasi, terarah dan terukur,
  3. Membina usaha mikro menengah agar lebih mandiri dan berdampak pada perusahaan. Salahsatu metode yang biasa digunakan untuk mengukur dampak tersebut yaitu dengan SROI (Social Return on Investment).

 

Penasaran kan? Diskusi yuk..
Whatsapp kami di bit.ly/konsultasicsrgratis

Share this Post!

About the Author : SUN


0 Comment

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Related post

  TOP
Open chat